Merauke – Sebagai wujud kemanungggalan TNI-Rakyat, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad menyampaikan pesan jaga persatuan kepada warga perbatasan dalam khutbah Shalat Jumat di Masjid Nurul Huda, Kampung Sota, Distrik Sota, Merauke, Papua, Jumat(1/11/2019).


Guna menjalin kebersamaan dengan masyarakat di wilayah penugasan, Prajurit Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad selalu ikut aktif dalam kegiatan keagamaan bersama masyarakat yang ada disekitar pos, seperti pengajian, yasinan malam Jumat, dan ibadah bersama serta camping rohani bagi personel yang beragama Nasrani.


Seperti yang dilaksanakan oleh personel Pos Kout yang beragama Islam dipimpin Wadansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang, berangkat bersama-sama menuju ke Masjid untuk melaksanakan ibadah Sholat Jumat bersama dengan masyarakat.


Pada kegiatan Sholat Jumat tersebut personel Pos Kout Serma Catur Budi dipercaya menjadi Khotib di Masjid Nurul Huda, Kampung Sota. Dalam khutbahnya, dirinya mengajak seluruh jamaah untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan, dijelaskannya dengan persatuan maka bisa menangkal berkembangnya isu SARA yang dapat memecah belah umat beragama.


Selain itu juga menjaga toleransi antar umat beragama, diakhir khutbah mengajak seluruh jamaah yang hadir untuk bersama-sama meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Selalu mempedomani Kitab Suci Al-quran untuk menuju ke jalan yang lurus dan keselamatan dunia akhirat.


Ditemui usai sholat Jumat Wadansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang mengatakan, para prajurit Satgas yang berada di 22 Pos terpisah, selain melaksanakan tugas pokoknya menjaga keutuhan NKRI, ada diantaranya melaksanakan kegiatan ibadah keagamaan bersama dengan masyarakat.


"ini artinya kedekatan TNI dengan Rakyat tidak saja menjaga secara fisik dalam suatu tempat yang ditugaskan, tetapi menjaga spiritual keagamaan juga sangat penting dilakukan ditengah-tengah masyarakat," tambahnya.


Sementara itu, Bapak Taufiq ( 43 tahun) selaku takmir Masjid Nurul Huda, Kampung Sota menyampaikan, terima kasih kepada anggota Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad dari Pos Kout telah berkenan menjadi khotib pada pelaksanaan Sholat Jumat kali ini.