Melalui Upacara Bendera, Satgas Yonif MR 411 Kostrad Tumbuhkan Rasa Nasionalisme Pelajar Di Perbatasan



MERAUKE — Guna menanamkan jiwa Nasionalisme kepada para pelajar di ujung Timur Indonesia tepatnya diperbatasan Indonesia - Papua Nugini, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Yonif MR 411/PDW Kostrad menggelar upacara Bendera hari Senin di SD YYPK Yanggandur, Distrik Sota.


Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Distrik Eligobel, Merauke, Papua, Selasa(10/12/2019).


Dansatgas mengungkapkan, salah satu cara untuk membangun dan menumbuhkan Rasa Nasionalisme pada diri pelajar di perbatasan, Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad dalam hal ini Pos Yanggandur dipimpin oleh Serka Supriyadi selaku Danpos bersama dengan 10 anggotanya, menjadi penyelenggara Upacara Bendera Hari Senin yang di ikuti oleh 117 pelajar dan Dewan Guru dari SD YPPK Yanggandur dan SMP Persiapan Negeri Yanggandur, Distrik Sota.


Lanjutnya, apa yang dilaksanakan oleh Serka Supriyadi bersama anggotanya tersebut merupakan hasil kordinasi dengan pihak sekolah, dalam kegiatan tersebut bertindak sebagai petugas upacara adalah para personel Pos Yanggandur, sedangkan Kepala SD YPPK Yanggandur Bapak Emerikus Renyaan, S.Pd., sebagai pembina upacara.


"Kegiatan upacara Bendera yang dilaksanakan oleh Pos Yanggandur ini selain bertujuan untuk menumbuhkan rasa Nasionlisme, adalah untuk membangun karakter para pelajar calon generasi masa depan bangsa, dengan harapan akan tertanam rasa bangga dan cinta terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ucap Mayor Inf Rizky.


Alumni Akmil tahun 2003 itu menambahkan, sudah menjadi tugas kita sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) untuk memberikan contoh dan teladan baik bagi seluruh masyarakat yang ada di daerah binaan, dimana hal ini merupakan tekad Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad untuk menghadirkan perubahan nyata bagi pelajar di Bumi Cendrawasih ini.


Ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad disampaikan oleh Kepala Sekolah SD YPPK Yanggandur Bapak Emerikus Renyaan, S.Pd., saat memberikan amanat upacara.


"Terimakasih banyak kepada bapak-bapak TNI dari Pos Yanggandur yang telah menjadi penyelenggara upacara Bendera Hari Senin bagi dua sekolah yang ada di Kampung Yanggandur ini, upacara yang berlangsung dengan sangat khidmat ini mudah-mudahan akan menumbuhkan rasa Nasionalisme bagi seluruh pelajar yang jadi pesertanya," ucapnya.

Post a Comment

0 Comments