Peduli Pemudik Nataru, KKP Merauke Gandeng Satgas Yonif MR 411 Kostrad Dirikan Pos Kesehatan di Perbatasan



MERAUKE — Guna mendukung kelancaran arus Mudik Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad turut terlibat dalam pelayanan "Pos Kesehatan" yang didirikan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) kelas III Merauke bersama lintas sektoral di Kantor Koramil Sota, Kampung Sota.


Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Distrik Eligobel,Merauke, Papua, Minggu(22/12/2019).


Dansatgas mengatakan, ada 4 personel dari tim kesehatan Pos Kout dipimpin Dantonkes Letda Ckm Iwan Debri Setiawan, turut terlibat dalam memberikan pelayanan di Pos Kesehatan bersama KKP Merauke wilker PLBD Sota, Koramil Sota, Polsek Sota dan Puskemas Sota, dijalur Trans Papua Merauke — Boven Digoel sejak (19/12/2019) lalu.


"Pos Kesehatan bersama akan dibuka 19-23 Desember 2019, guna memberikan layanan kesehatan yang meliputi pengecekan tekanan darah, periksa gula darah, kolestrol, asam urat, pemberian vitamin, amfhetamin dan memastikan pemudik yang melintas di tidak sedang dalam pengaruh miras, agar sampai di kampung halaman masing-masing dengan aman dan lancar," tuturnya.


Lanjut Mayor Inf Rizky, tak hanya pelayanan kesehatan saja yang disediakan bagi pemudik oleh Pos Kesehatan lintas sektoral ini, namun fasilitas lain seperti toilet, tempat istirahat, minunam, air bersih dan tempat charger HP juga disiapkan, dengan harapan dapat mendukung kelancaran pemudik yang melintas di Jalan Trans Papua tersebut.


"Dengan adanya pos kesehatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat yang melakukan mudik, selain itu juga sebagai sarana untuk menjalin kedekatan dengan masyarakat dan juga memperkuat sinergitas Satgas dengan lintas sektoral diwilayah perbatasan," tambah Alumni Akmil tahun 2003 tersebut.


Terpisah, Kepala KKP kelas III Merauke Suprapto, SKM., M.Kes. (Epid) mengatakan, 
setiap tahunnya kita dirikan Pos Kesehatan menjelang Natal dan Tahun Baru bersama dengan lintas sektoral sebagai wujud sinergitas dalam memberikan pelayanan kesehatan dan keamanan diwilayah perbatasan Sota RI-PNG ini khususnya.


"Kami juga memberikan ucapan terimakasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Kout yang telah mengirimkan personel kesehatannya untuk bersama-sama dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada para pemudik, harapan kita sinergitas yang telah di bangun antar lintas sektoral ini terus ditingkatkan dan dijaga," ucap Suprapto.

Post a Comment

0 Comments