MERAUKE — Wakil Komandan (Wadan) Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang turut mendampingi Tim Kemenko Polhukam RI 
saat melaksanakan kunjungan kerja di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Kampung Sota, Distrik Sota, Merauke, Papua, Sabtu(28/12/2019).

Kunjungan Tim Kemenko Polhukam yang diketuai Kabid Doktrin Pertahanan, Asdep I/lV Hanneg Suteikno Suleman adalah dalam rangka pengumpulan data dan fakta terkait hasil pembangunan fisik
PLBN Terpadu Sota dan sarana prasarana penunjangnya serta kesiapan untuk pengoperasiannya.

Setibanya di PLBN Sota, Tim Kemenko Polhukam menuju ke Ruang Rapat Kantor PT Nidya Karya guna mendengarkan penjelasan tentang kesiapan peresmian PLBN Sota dari Project Manager PT Nindya Karya Muh.Iqbal, dilanjutkan dialog dan tanya jawab dengan unsur CIQ Kab.Merauke Wilker Sota.

Selanjutnya Tim Kemenko Polhukam  meninjau secara langsung bangunan-bangunan yang ada di PLBN Sota, serta menyempatkan diri untuk melihat langsung Patok perbatasan MM.13 dan bertemu dengan beberapa masyarakat Suku Kanum yang mendiami wilayah tersebut.

Didepan rombongan kunjungn Mayor Inf Ilham Datu Ramang, sebagai Wakil Komandan (Wadan) Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad, menjelaskan tentang posisi dan kondisi Patok perbatasan yang berada di sektor selatan Kab.Merauke.

"Saat ini yang kita lihat bersama di dekat PLBN Sota ini adalah Patok MM.13, yang merupakan salah satu patok yang menjadi tanggung jawabnya Satgas, untuk keseluruhnya dalam kondisi baik, dengan terjadwal selalu diadakan patroli patok setiap bulannya," ucapnya.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Kepala BNPP Merauke, Kasdim 1707/Merauke, Danramil Sota, Wadansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, Pasiter Korem 174/ATW, Project Manager PT Nindya Karya, Perwakilan Kementerian PUPR, Kabag Ops Polres Merauke, Wakapolsek Sota, Unsur CIQ Merauke dan Unsur CIQ Wilker Sota.