Merauke – Dalam rangka membantu meningkatkan perekonomian masyarakat di perbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad, Pos Kout membantu Mama Salomina membuka lahan kebun di belakang rumah, tepatnya di Jalur 2A Kampung Sota, Distrik Sota, Kabupaten Merauke, Papua, Selasa(4/02/2020).

Pembukaan lahan kosong tersebut dikerjakan secara bersama-sama oleh 6 personel Pos Kout yang dipimpin Kopda Budiyanto dam beberapa Petani warga pendatang di Kampung Sota, serta PPL Cap Panah Merah (PT EWINDO) Bapak Agus Parman dari Kota Merauke.

"Kita membantu Mama Salomina mengolah lahan kosong dibelakang rumahnya untuk dijadikan kebun sayur-sayuran, hal ini adalah lanjutan dari kegiatan penyuluhan Temu Tani atau "Farmer Field Day" yang diadakan pada bulan Desember 2019 lalu, di Kebun Pos Kout bekerjasama dengan PT EWINDO," jelas Kopda Budi.

Secara terpisah, Wadansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Ilham Datu Ramang mengatakan, apa yang dilakukan personel Pos Kout tersebut merupakan salah satu wujud dukungan kepada masyarakat asli perbatasan dalam hal ini Mama Salomina, untuk bercocok tanam dengan berkebun guna meningkatkan perekonomian.

"Minat untuk bertani masyarakat asli warga perbatasan RI-PNG belum banyak, malalui kegiatan ini mudah-mudahan yang dilakukan Satgas membantu Mama Salomina akan menjadikan warga lainnya tertarik untuk bertani sayur-sayuran, guna meningkatkan perekonomian warga," terang Mayor Inf Ilham.

Sementara itu, PPL Cap Panah Merah, Bapak Agus Parman menuturkan, kegiatan membantu Mama Salomina membuka lahan kebun bersama Pos Kout dan beberapa petani Kampung Sota, adalah komitmen bersama untuk meningkatkan perekonomian warga melalui pertanian.

Ucapan terimakasihpun disampaikan oleh Mama Salomina kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad yang telah membantu membuka lahan kebunnya.

"Saya terinspirasi dengan kebun sayur Pos Kout dan Kebun milik petani lainnya di Kampung Sota, rencananya kebun ini nantinya akan ditanami Kubis varietas Sehati F1 dan Buncis Varietas Maxipro," ucapnya.