Merauke — Sebagai wujud kepedulian TNI kepada masyarakat diperbatasan RI-PNG, Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Marinda, secara rutin memberikan layanan kesehatan Bapak Yohanes salah satu warga Kampung Erambu, Distrik Sota yang tinggal dibivak.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua. Minggu(1/3/2020).

Dansatgas mengatakan, tidak hanya melaksanakan tugas pokok menjaga kedaulatan NKRI, Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad juga memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat didaerah binaannya.

Lanjutnya, dalam hal ini Pos Marinda yang dipimpin oleh Wadanpos Marinda Sertu Septianto Windriono bersama 5 orang anggotanya memberikan layanan kesehatan kepada Bapak Yohanes salah satu warga yang sehari-harinya berburu dan tinggal disebuah Bivak yang tidak jauh dari pos.

"Memberikan layanan kesehatan secara langsung kepada warga yang tinggal di bivak-bivak dihutan dalam rangka berburu, mencari sagu, berkebun dan memancing, biasanya warga akan pulang kerumah setelah 4-5 hari, yang meliputi pemeriksaan kondisi kesehatan, memberikan vitamin ataupun obat-obatan jika sakit," tuturnya.

Sambungnya, Pratu Dimas Oktaven sebagai Tamtama Kesehatan (Takes) Pos Marinda, memeriksa kondisi kesehatan Bapak Yohanes yang hasilnya dalam kondisi sehat, kemudian diberikan vitamin guna daya tahan tubuhnya, yang mana sering turun hujan.

Sementara itu, Danpos Marinda Serka Heriyanto mengatakan, banyaknya warga yang jarang berada dirumahnya karena pergi
mencari nafkah dihutan dan tinggalnya dibivak-bivak, sebagai salah satu wujud kepedulian Satgas dalam memastikan
kondisi kesehatan masyarakat secara rutin dilaksanakan layanan kesehatan rutin.

"Hal ini sebagai salah satu upaya untuk merebut hati serta simpati rakyat sebagai wujud pengaplikasian program Serbuan Teritorial dalam rangka mewujudkan Kemanunggalan TNI–Rakyat," ucap Danpos.