Cegah Barang Ilegal, Satgas Yonif 411 Kostrad Gelar Pemeriksaan Dijalan Trans Papua




Merauke – Dalam rangka mencegah peredaran barang-barang terlarang dan ilegal diwilayah perbatasan Indonesia — Papua Nugini, Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad, melaksanakan pemeriksaan  kendaraan dijalan poros Trans Papua.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Selasa(12/5/2020).

Dansatgas mengungkapkan, guna menjaga keamanan dan ketertiban serta mencegah peredaran barang ilegal dan terlarang di tengah pandemi virus corona, Pos Makadi dipimpin Danpos Makadi Letda Inf Moh. Rizal Dwi Kuncoro dan 8 orang anggotanya melaksanakan pemeriksaan kendaraan, Senin(11/5/2020) siang.

“Pemeriksaan ini bagi kendaraan yang melintas dijalan poros Trans Papua Kab. Merauke — Kab. Boven Digoel didepan Pos Makadi, pemeriksaan sesuai dengan prosedur yang berlaku, mulai dari identitas pengendara, bagian depan, bawah, dalam, atas dan belakang kendaraan," ucapnya.

“Dikhawatirkan terdapat barang-barang illegal yang tidak boleh masuk ke Indonesia dengan memanfaatkan situasi yang ada saat ini,” imbuhnya.

Lanjut, Mayor Inf Rizky, Satgas Pamtas memiliki tugas untuk mencegah peredaran barang-barang terlarang dan ilegal di wilayah perbatasan RI-PNG, salah satunya melalui pemeriksaan kendaraan secara rutin.

"Hal ini untuk mempersempit tindakan ilegal yang dapat merugikan bangsa dan negara, demi mewujudkan suasana aman dan nyaman bagi masyarakat di perbatasan khususnya di Kabupaten Merauke ini," terang Alumni Akmil tahun 2003 itu.

Sementara itu, Letda Inf Moh. Rizal Dwi Kuncoro mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan secara terjadwal tersebut diperuntukkan bagi seluruh kendaraan yang melintas di jalan poros Trans Papua.

"Kita fokuskan pada identitas, dokumen dan barang-barang yang dibawa oleh pengendara. Dari pukul 13.00 — 16.00 WIT pemeriksaan berjalan dengan aman dan lancar serta tidak ditemukan adanya hal-hal yang mencurigakan," pungkasnya.

Terkait dengan pandemi virus, sambung Letda Inf Rizal, dirinya bersama anggotanya juga selalu mengingatkan para pengendara untuk selalu menjalankan protokol kesehatan yang ditentukan pemerintah seperti menjaga kebersihan, jaga jarak dan wajib menggunakan masker saat keluar rumah.

Post a Comment

0 Comments