Jelang Purna Tugas, Satgas Yonif 411 Kostrad Laksanakan Rapid Test Covid-19



Merauke — Menjelang purna tugas, sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG sektor selatan Kabupaten Merauke, seluruh personel Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad 
melaksanakan Rapid Diagnostic Test (RDT) Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Minggu(7/6/2020).

Dansatgas mengungkapkan, rapid tes Covid-19 tahap pertama ini dilaksanalan dalam rangka menjelang purna tugas yang sebentar lagi akan selesai. Tujuannya untuk menjamin kesehatan personel Satgas yang akan kembali ke homebase di Kota Salatiga kondisi tubuh yang sehat serta terbebas dari virus corona. 

Lanjutnya, kegiatan Rapid tes diikuti oleh 450 personel Satgas Pamtas Yonif MR 411/PDW Kostrad yang tersebar di 22 pos Satgas, 
termasuk di Pos Kout Sota yang dipimpin oleh Wadansatgas Mayor Inf Ilham Datu Ramang, bertempat di Kampung Sota, Distrik Sota, Kab. Merauke, Minggu(7/6/2020) pagi. 

“Rapid tes ini merupakan dukungan dari Mabes TNI untuk mencegah dan mendeteksi dini Covid-19 bagi seluruh personel Satgas yang akan melaksanakan purna tugas," 
ujar Rizky. 

Sambungnya, penyelenggaraan rapid tes oleh Tim Kesehatan Satgas di pantau dan diawasi secara langsung oleh Dokter Satgas Lettu Ckm dr. M. Akbar Andriansah
dan Dantonkes Satgas Letda Ckm Iwan Debri Setiawan, yang dilaksanakan dengan cara mendatangi personel yang ada di pos-pos. 

Ditempat terpisah, Lettu Ckm dr. M. Akbar Andriansah mengatakan, kegiatan Rapid tes Covid-19 tahap pertama ini dilaksanakan selama 3 hari (5-7/6/ 2020), di 22 Pos jajaran Satgas yang ada di Distrik Tanah Miring, Distrik Naukenjerai, Distrik Sota, Distrik Eligobel dan Distrik Ulilin. 

"Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku, pelaksananan Rapid tes tahap pertama ini dengan cara mendatangi personel yang berada di pos-pos dapat berlangsung lancar walaupun serba terbatas dalam APD dan lainnya," tutur Dokter.

Post a Comment

0 Comments